Perhitungan ruang kamar: metode, rumus, contoh

Prosedur untuk melaksanakan perbaikan di dalam ruangan membutuhkan menghitung wajib daerah dinding, langit-langit dan lantai. Sejak saat pembelian bahan bangunan, nilai-nilai ini membantu untuk menghindari kesalahan dalam jumlah mereka. Pada metode dan contoh untuk menghitung ruang lantai akan berbicara lebih lanjut.

Daftar Isi:

  1. Alasan untuk menghitung luas ruangan
  2. area kamar: melaksanakan perhitungan luas lantai
  3. Penentuan daerah ruang persegi panjang dan langit-langit
  4. Apa adalah luas ruangan di mana ada ceruk dan tonjolan
  5. Cara menentukan area ruangan dengan dinding yang tidak rata
  6. Cara menghitung luas ruangan, yang memiliki langit-langit multi-level
  7. Penentuan total luas ruangan
  8. Penentuan daerah minimum ruangan
  9. area kamar Optimal

Alasan untuk menghitung luas ruangan

Ada banyak alasan yang ditentukan oleh luas dinding, lantai atau langit-langit di sebuah ruangan. Dalam beberapa kasus, data yang diperlukan pada total luas ruangan. Untuk menemukan penyebab paling umum dari menentukan area kamar atau beberapa bagian tubuhnya:

  • Jika Anda berencana untuk bekerja pada instalasi plafon gantung, perlu untuk menentukan area langit-langit total, untuk menentukan jumlah bahan yang digunakan dalam karya-karya;

  • ketika menginstal plafon gantung, juga perlu menghitung luas langit-langit total pra-rencana material berarti;
  • lukisan atau menyelesaikan langit-langit juga harus menyadari ukurannya, hampir semua cat dan primer produk dalam tingkat konsumsi data teknis per meter persegi;
  • dekorasi dinding eternit membutuhkan perhitungan total luas dinding, untuk membeli jumlah yang diinginkan dari material;
  • ketika menyewa pembangun, misalnya, untuk ubin lantai, setiap meter persegi memiliki nilai tertentu, yang dianggap pada akhir pekerjaan;
  • penjualan rumah atau dalam desain, parameter seperti ruang tamu, ruang dapur dan kamar lain juga sangat penting.

area kamar: melaksanakan perhitungan luas lantai

Untuk menentukan area dari lantai, ada alasan yang berbeda untuk ini: perbaikan dan pembelian bahan untuk dekorasi nya, membawa perhitungan isolasi daerah yang dapat digunakan, dll

Cara termudah untuk menentukan luas lantai bentuk persegi atau persegi panjang. Dalam hal ini, Anda akan perlu panjang dan lebar dari lantai, yang dikalikan dengan satu sama lain. Opsi ini tidak memerlukan pelepasan tempat dari lemari dan perabotan lainnya. Cukup mengukur jarak. Namun, dengan adanya api di sebuah ruangan, daerah harus dikurangi dari total hasil.

Pada prinsipnya, semua item yang ada di lantai terus menerus dan tidak dapat bergerak, misalnya, built-in lemari, dihitung dari total luas lantai.

Tampaknya perhitungan yang lebih rumit dari luas lantai ruangan, yang memiliki bentuk yang tidak teratur. Standar kamar tentu saja mengambil bentuk persegi panjang atau persegi, meskipun ada kamar dengan segala macam relung, ceruk, lengkungan, tepian, dll ruang varian penghitungan lantai tersebut lebih kompleks karena memerlukan menghitung bentuk persegi yang membentuk ruang yang terpisah.

Untuk menghitung total luas ruang harus dibagi menjadi beberapa tokoh biasa, seperti persegi panjang, trapesium, kotak, dll Misalnya, jika ruangan memiliki z-berbentuk, itu sudah cukup untuk membagi persegi panjang menjadi dua, untuk menghitung luas masing-masing dan meringkas hasil yang diperoleh.

Jika ruangan memiliki z berbentuk, tetapi berjalan di sudut kanan, tapi dua persegi panjang masih ada ruang segitiga di dalamnya, yang daerah juga dihitung. Untuk menghitung luas segitiga adalah cukup untuk memperbanyak satu kaki ke yang lain.

Di hadapan fragmen berbentuk setengah lingkaran dalam bentuk silinder atau segmental partikel, perhitungan yang rumit. Untuk menghitung luas lantai di ruangan ini juga diperlukan untuk membagi ruang menjadi beberapa bagian, daerah yang dihitung secara terpisah.

Ada varian tempat, yang memiliki tingkat yang berbeda dari seks, yaitu sebuah bukit atau miring. Dengan demikian, ruangan dibagi menjadi beberapa zona. Sebagai contoh, di dapur dan ruang makan dialokasikan sebagian bekerja. Hal yang sama terjadi dengan langit-langit, misalnya, multi-level. Untuk menghitung luas lantai dengan langkah-langkah atau benjolan harus lagi membagi ruang menjadi potongan-potongan dalam bentuk persegi panjang atau kotak, dan sangat tonjolan diukur dengan penggaris dan menghitung daerah mereka. Jadi cara untuk mendapatkan perhitungan total luas lantai.

Perhatikan bahwa dalam kasus ini lebih disukai untuk menggunakan pita pengukur, yang dipasang di dekat pangkalan. Anda juga akan membutuhkan pensil dan notebook untuk merekam semua nilai. Akibatnya, pembelian cat dan menentukan jumlah dari bahan finishing untuk lantai dijalankan dengan cepat.

Jangan melakukan pengukuran di dinding karena mungkin kurva dan mengakibatkan ketidakakuratan dalam menentukan luas lantai. pekerjaan yang sangat kompleks pada definisi yang berbeda dari ruang lantai, yang tepian yang dalam bentuk setengah lingkaran, atau gelombang. Situasi ini melibatkan pengukuran dari masing-masing busur, jari-jari temuan dan daerah kominusi oleh beberapa bentuk geometris. Dengan menentukan daerah masing-masing dihitung rumus segmen asimetris umum.

Penentuan daerah ruang persegi panjang dan langit-langit

ruang persegi panjang adalah yang paling khas dan sering. Untuk menghitung panjang ruangan cukup ruang dikalikan dengan lebarnya. Sebagai contoh, jika panjang kamar 3,40 m, dan lebarnya adalah 5.20 m, maka untuk menentukan area langit-langit yang cukup 3,40h5,20, akhirnya mendapatkan 17, 68 meter persegi wilayah. Untuk menghitung perimeter langit-langit menggunakan rumus yang berbeda, yang meliputi jumlah dari dua kali panjang dan lebar. Artinya, mencapai ke tingkat langit-langit perimeter 2h3,40 + 2h5,20 = 17,2 m.

Oleh karena itu, dalam proses pembelian profil butuhkan 17,2 materi meteran. Namun, dianjurkan, bahkan dengan perhitungan yang akurat, untuk membeli bahan dengan margin 10-15 persen untuk mengimbangi berbagai jenis kerusakan mekanis sendi.

Apa adalah luas ruangan di mana ada ceruk dan tonjolan

Untuk menentukan area tempat harus bekerja keras dan melakukan langkah-langkah:

1. Membuat proyek ruang dengan semua fitur desain.

2. Mengukur dan menandai nilai tinggi dan panjang dari semua dinding lurus.

3. Menggunakan penggaris dan gon membagi ruang menjadi beberapa zona, dalam bentuk bentuk yang teratur.

4. Setiap tokoh Partai, mengukur dan menandai proyek.

5. Tentukan nilai masing-masing dan meringkas hasil yang diperoleh sesuai dengan rumus untuk menghitung bentuk persegi.

Cara menentukan area ruangan dengan dinding yang tidak rata

Jika ada ruang di mana dinding memiliki bentuk polyhedra atau tokoh yang tidak proporsional tidak langsung, perhitungan jauh lebih sulit untuk melaksanakan. Mengukur sekeliling ruangan dalam cukup sederhana. Anda harus menggunakan pita pengukur dan menyebarkannya di sekitar ruangan, mengukur masing-masing plot secara terpisah.

area kamar ditentukan dengan cara sketsa dan desain ruangan. Setelah sketsa membagi siap ruang sehingga memperoleh jumlah maksimum sebanding dengan angka-angka dalam bentuk persegi, segitiga atau persegi panjang.

Untuk menentukan luas segmen, yang memiliki bentuk persegi panjang dengan tulang rusuk yang sama, itu sudah cukup untuk mengukur besarnya kaki, yang dikalikan bersama-sama dan dibagi dua. Yaitu, untuk menentukan daerah dari segmen segitiga dengan kaki 0,5 dan 0,9 m, perhitungan tersebut harus dilakukan:

0,5h0,9 / 2 = 0,225 meter persegi.

Cara menghitung luas ruangan, yang memiliki langit-langit multi-level

Langit-langit, yang lebih sulit untuk menghitung tepian, tapi cukup nyata. Ada langit-langit bertingkat, yang berbentuk seperti garis-garis lurus dari perhitungan yang dilakukan dengan mudah, tetapi ada konstruksi tersebut, yang memerlukan perawatan khusus, karena mereka terdiri dari busur-fragmen, atau gelombang untuk menghitung bahwa upaya khusus diperlukan untuk membuat.

Menghitung masing-masing bagian terlalu panjang dan mahal, terutama karena pada akhirnya akan berubah tidak selalu hasil yang benar. Setelah semua, busur dibangun di langit-langit bisa sembarangan.

Cara termudah untuk menentukan area dari sebuah ruangan di total luas lantai. Untuk melakukan ini, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

1. Ukur semua bagian lurus dari dinding.

Disukai dilakukan pengukuran lebih dekat ke langit-langit, sebagai panjang dari bagian atas dinding dan bawah ruang dapat bervariasi.

2. Tentukan luas lantai satu metode yang disebutkan sebelumnya.

3. Pada masing-masing bagian vertikal, mengukur tinggi dan panjang mereka, dan kalikan angka-angka ini.

4. Tambahkan nilai dari total luas lantai.

Penentuan total luas ruangan

Untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana untuk menemukan area kamar dalam meter persegi, kami sarankan untuk membiasakan dengan petunjuk, yang akan membantu untuk menyelesaikan tugas ini:

1. Jaga pembersihan ruang di dekat dinding.

Dinding harus tersedia secara bebas. Dengan demikian, meningkatkan kebenaran dan akurasi pengukuran. Jika mungkin Anda harus mengosongkan tempat seluruhnya, seperti dalam perilaku perhitungan tertentu yang diperlukan untuk mengukur dan bagian tengah.

2. Tentukan daerah dalam ruangan, dengan bentuk yang teratur.

Jika ruangan persegi panjang, kemudian membagi tidak perlu. Sebaliknya, ruang dibagi menjadi bentuk seperti kotak, semi-lingkaran, trapesium, segitiga atau persegi panjang.

3. Membuat sketsa ruangan, sehingga menjadi lebih mudah untuk bekerja.

Mengukur luas ruangan yang Anda butuhkan untuk membawa pada desain, yang ditandai semua pengukuran. Tip: Jika tidak ada kertas dan kebutuhan untuk ukuran mendesak, menggunakan pita perekat, yang melekat pada setiap dinding.

4. panjang dan lebar ruangan, daerah.

Setiap dinding harus diukur dengan panjang dan lebar diinginkan dua kali. Agar tidak mengukur seluruh dinding secara keseluruhan, harus dibagi menjadi beberapa fragmen, tetapi pada akhirnya, hasilnya dijumlahkan.

Untuk memverifikasi keakuratan perhitungan, jika ada waktu luang, pengukuran dilakukan dua kali.

5. Tentukan daerah masing-masing plot:

  • rectangle mencapai ke tingkat mengalikan panjang dengan lebar;
  • area alun-alun, itu adalah salah satu sisinya di persegi;
  • segitiga daerah - elevasi dan sisi dikalikan bersama-sama dan nilai yang dihasilkan dibagi menjadi dua;
  • daerah dari pi lingkaran dikalikan dengan jari-jari kuadrat.

6. Squares daerah yang sebelumnya didefinisikan ditambahkan bersama-sama.

.yap-judul-block__text, .yap-title {
font-size: 17px penting ;!
}
# Yap-Ya_sync_2-vertikal .yap-title-block__text {
font-size: 17px penting ;!
}

Penentuan daerah minimum ruangan

1. Tanah dalam bentuk persegi panjang.

Dengan panjang pita diukur dan lebar bagian, mereka dikalikan dengan satu sama lain. Ini sering dibulatkan menjadi sentimeter.

2. Segitiga.

Luas bagian ini ditentukan dengan mengalikan satu sisi segitiga pada puncaknya, yaitu line, diturunkan ke simpul segitiga, yang membagi menjadi dua bagian yang sama. nilai yang dihasilkan adalah dua kali lipat.

3. lingkaran atau setengah lingkaran.

radius tekad. Nilai ini diterjemahkan ke dalam persegi, dikalikan dengan pi. Di hadapan setengah lingkaran, nilai dibagi dua.

Selain itu, Internet, ada kalkulator online khusus untuk melakukan semua perhitungan cepat dan akurat. Untuk bekerja dengan mereka cukup untuk memilih bentuk area kamar, untuk mengukurnya dengan pita, dan memasukkan data. Program itu sendiri akan melakukan semua perhitungan yang diperlukan dan menentukan daerah.

area kamar Optimal

Setiap kamar memiliki ukuran sendiri, dan selama perencanaan rumah, faktor ini diperhitungkan sesuai dengan tujuan mereka. Nilai minimum dari area ruang tamu normal delapan meter persegi.

Area ruang keluarga atau ruang tamu harus antara 13-23 meter persegi. Kamar tidur harus terletak di sudut rumah, dan menjadi ruang melalui.

Tinggi minimum dari tempat tinggal -. 240 cm Hal ini tidak dianjurkan untuk melengkapi ruangan dengan ketinggian 300 cm, karena mereka benar-benar tidak praktis bagi mereka untuk memanaskan sejumlah besar investasi material yang dibutuhkan di musim dingin.

Setiap kamar harus dibedakan oleh kehadiran cahaya alami. Setidaknya 30% dari semua dinding harus jatuh pada jendela. Perhatikan bahwa adalah lebih baik untuk menginstal windows di sisi selatan, seperti di musim dingin, di sisi utara, mereka akan memprovokasi kehilangan panas yang besar.

Jika ruang tamu rumah atau apartemen adalah 15-55 meter persegi, area dapur minimum harus 6 meter persegi. Ketika merencanakan dapur di gedung dengan ruang tamu lebih dari 55 meter persegi, dapur harus menempati setidaknya seperlima dari seluruh rumah.

Jika dapur menempati lebih dari 10 meter persegi, varian penggunaannya sebagai ruang makan atau ruang untuk menerima tamu. Lebar minimum lorong adalah 140 cm, juga harus hadir di dalamnya cahaya alami.

Untuk kamar anak cukup di bidang 10-15 meter persegi. Terkecil harus memiliki kamar mandi dan toilet. Mencapai ke tingkat daerah mereka 4-8 meter persegi.