baterai obeng memperbaiki tangan mereka sendiri

Biaya obeng baru sekitar 70% dari biaya baterai untuk itu. Tidak mengherankan, ketika dihadapkan dengan kegagalan baterai, kita bertanya kepada diri sendiri pertanyaan - apa berikutnya? Membeli baterai baru atau obeng, dan mungkin itu adalah mungkin untuk menghasilkan obeng baterai memperbaiki tangan mereka sendiri dan untuk melanjutkan pekerjaan yang sudah alat akrab?

Artikel ini, yang terbagi menjadi tiga bagian, kami akan mempertimbangkan: jenis baterai yang digunakan dalam obeng (bagian 1), kemungkinan penyebab kegagalan (Bagian 2) dan cara-cara yang terjangkau untuk memperbaiki (bagian 3).

obeng Baterai: desain dan jenis

Perlu dicatat bahwa terlepas dari obeng merek dan negara baterai asal memiliki struktur yang identik. Dirakit baterai memiliki bentuk seperti itu.

Jika kita menganalisis, kita akan melihat bahwa itu dirakit dari komponen yang lebih kecil, yang dirakit di seri. Dan kita tahu dari kursus fisika sekolah, bahwa unsur-unsur yang memiliki koneksi serial, slazhivayut potensi mereka.

Catatan. Jumlah setiap item makanan dan memberi kita tagihan akhir dari kontak baterai.

porsi cocok atau "bank", biasanya memiliki ukuran standar dan kekuasaan, mereka hanya berbeda dengan kapasitas. Kapasitas baterai diukur dalam A / h dan ditunjukkan pada elemen (ditampilkan di bawah).

Berikut jenis elemen yang digunakan untuk pengaturan obeng akumulator:

  • nikel - kadmium (Ni - Cd) baterai dengan tegangan nominal pada "bank» 1,2V;
  • Nikel-metal hydride (Ni-MH), tegangan sel - 1,2V;
  • Lithium-ion (Li-Ion), dengan tegangan - 3,6V.

Pertimbangkan secara lebih rinci keuntungan dan kerugian dari masing-masing jenis.

Ni - Cd

pro:

  • Jenis yang paling umum karena biaya rendah;
  • Tidak takut suhu rendah, seperti baterai Li-Ion;
  • Disimpan dalam keadaan habis, ia tetap karakteristiknya.

kontra:

  • Hanya di negara-negara "dunia ketiga", karena produksi toksisitas;
  • efek memori;
  • -Debit diri;
  • kapasitas kecil;
  • Sejumlah kecil biaya / siklus debit, begitu lama tidak "hidup" selama penggunaan intensif.

Ni - Mh

pro:

  • Lingkungan produksi yang ramah, adalah mungkin untuk memperoleh baterai merek berkualitas tinggi;
  • efek memori rendah;
  • Rendah diri-discharge;
  • kapasitas besar, dibandingkan dengan Ni - Cd;
  • Sejumlah besar biaya / siklus debit.

kontra:

  • harga;
  • Kehilangan beberapa karakteristik selama penyimpanan lama dalam keadaan habis;
  • lama "hidup" pada suhu rendah.

Li-Ion

pro:

  • Tidak ada efek memori;
  • Hampir tidak ada self-discharge;
  • baterai kapasitas tinggi;
  • Jumlah biaya / siklus debit kali lebih banyak dibandingkan dengan jenis sebelumnya baterai;
  • Untuk mengatur tegangan yang diperlukan yang diperlukan jumlah minimal "kaleng", yang secara substansial mengurangi berat badan dan ukuran baterai.

kontra:

  • Harga tinggi hampir 3 kali dibandingkan dengan nikel - cadmium;
  • Tiga tahun kemudian, ada kerugian yang signifikan dari kapasitas, karena Li membusuk.

Dengan unsur-unsur kami bertemu, beralih ke unsur-unsur lain dari baterai obeng. Unit pembongkaran, misalnya, untuk baterai perbaikan obeng Hitachi (digambarkan di bawah) sangat sederhana - sekrup Lepaskan di sekeliling dan memutuskan tubuh.

lambung memiliki empat pin:

  • Dua polisi, "+" dan "-" untuk biaya / debit;
  • kontrol atas, itu diaktifkan melalui sensor suhu (termistor). Sebuah termistor diperlukan untuk melindungi baterai, menonaktifkan atau membatasi arus pengisian ketika melebihi unsur suhu tertentu (biasanya di kisaran 50 - 600C). Pemanasan terjadi karena arus tinggi selama biaya paksa, yang disebut "cepat" pengisian;
  • Jadi yang disebut "Layanan" kontak, yang dimasukkan oleh resistensi 9Kom. Hal ini digunakan untuk stasiun pengisian canggih yang melapisi bertanggung jawab atas semua sel baterai. Dalam kehidupan stasiun tersebut sehari-hari untuk apa-apa, karena biaya tinggi.

Itu sebenarnya desain baterai secara keseluruhan. Di bawah ini adalah video tentang cara membongkar unit.

lokasi kesalahan

Dengan penunjukan elemen beres desain baterai, sekarang melihat bagaimana mendefinisikan masalah, itu adalah bagian 2 perbaikan baterai obeng. Segera, kami mencatat bahwa semua elemen sekaligus yang rusak tidak bisa, dan karena kita memiliki rantai dalam seri, output dari satu elemen - seluruh rantai tidak bekerja. Jadi tugas kita adalah untuk menentukan di mana kita memiliki dalam rantai link paling lemah.

Untuk melakukan ini kita akan membutuhkan meter, dan metode kedua 12V lampu pemecahan masalah, jika baterai Anda di 12 volt obeng yang sama. Lanjutkan sebagai berikut:

- Kami menempatkan baterai pada biaya, menunggu sinyal dari muatan penuh.

- Mengurai perumahan dan kita mengukur pada setiap bank baterai. Untuk Ni - Cd kita harus 1,2 - 1,4V, di lithium - 3,6 / 3,8V.

- Rayakan semua "bank", di mana tegangan kurang dari nominal. Sebagai contoh, sebagian besar unsur Ni - tegangan Cd dari 1.3v, dan pada satu atau lebih - 1,2 / 1.1V.

- Menempatkan baterai dan beroperasi dengan kerugian signifikan kekuasaan.

- Hapus, membongkar, dan kami mengukur penurunan tegangan akumulator "Bank". Pada item yang dipilih "subsidence" dari tegangan akan lebih besar dari pada yang lain. Misalnya, mereka tidak 1.2V, dan 1.0V atau bahkan lebih rendah.

Catatan. Perbedaan antara unsur-unsur dalam baterai 0,5 - 0,7 V dianggap penting, yang berarti bahwa unsur datang ke dalam rusak.

Dengan demikian, kami telah menemukan calon untuk "resusitasi" atau "amputasi" dan ganti dengan unsur-unsur baru.

Jika obeng Anda didukung oleh 12V atau 13V, Anda dapat mencari metode sederhana. "-" benar-benar "+" dan baterai yang terisi dibongkar dan kontak menghubungkan lampu 12 volt. Lampu akan memuat dan akan discharge baterai. tes berikutnya dilakukan pada sel-sel baterai, di mana sebagian besar dari semua drop tegangan, dan ada link yang lemah.

Ada cara lain, bukan lampu dapat mengambil perlawanan, tetapi telah diperlukan dasar-dasar teknik elektro, dan diragukan bahwa akan diperlukan dengan resistor di tangan.

kesalahan lainnya sangat jarang. Misalnya, hilangnya lokasi kontak dalam baterai Unit solder atau kontak listrik, kegagalan thermistor. Masalah ini lagi melekat dalam pemalsuan. Dalam pandangan kelangkaan, untuk fokus tidak akan membatasi diri pada sel-sel baterai.

Dengan "bermasalah" elemen beres, perlu untuk memperbaiki. Cara untuk memperbaiki baterai obeng? Umumnya tersedia untuk memperbaiki 2 cara, sehingga untuk berbicara. restorasi ini dan penggantian item yang telah menjadi tidak berharga.

Apakah mungkin untuk "menghidupkan kembali" elemen dan bagaimana?

Lanjutkan ke Bagian 3 dari obeng perbaikan baterai dan segera menentukan bahwa konsep "perawatan intensif" untuk baterai lithium - ion tidak berlaku. efek memori yang mereka miliki, kemungkinan besar, adalah perluasan lithium, dan ini tidak ada hubungannya tentang hal itu. Dalam baterai ini perlu mencari tahu apa penyebab masalah: elemen atau rangkaian kontrol. Ada dua pilihan:

  • mengubah sirkuit kontrol dari yang lain, tetapi mirip dengan kita, baterai jika bantuan - mencari penggantinya dan berubah;
  • 4V berlaku untuk elemen dengan saat ini sekitar 200mA, ini memerlukan charger dikendalikan. Jika tegangan sel meningkat menjadi 3,6V - elemen yang rusak, masalah dalam unsur-unsur lain, baik di sirkuit kontrol.

Rekondisi baterai obeng tersedia terutama untuk Ni - Cd baterai, tetapi mereka, sebagai suatu peraturan, dan yang paling umum di obeng rumah tangga.

Jadi, bagaimana menghidupkan kembali obeng baterai? Ada dua jenis "perawatan intensif" untuk jenis baterai:

  1. pemadatan atau metode kompresi (itu akan bekerja dalam kasus di mana elektrolit masih tersedia, tetapi volume hilang);
  2. "Firmware" tegangan dan arus dari nominal besar. Metode ini memungkinkan untuk menghilangkan efek memori, dan meskipun tidak sepenuhnya, tapi untuk memulihkan kapasitas yang hilang.

Metode ini ditunjukkan di bawah ini dalam video.

Catatan. Sebagai aturan, dalam nikel - kadmium adalah penyebab utama hilangnya kapasitas - elektrolit mendidih-off, dan jika kritis rendah - tidak ada "firmware" tidak akan membantu.

Metode ini, jika hasilnya positif, output tidak akan memecahkan masalah elemen bangunan. Sebaliknya, itu hanya akan menunda penggantian usang dan di masa depan masih perlu perbaikan obeng Makita baterai atau lainnya.

Perbaikan dan penggantian elemen obeng baterai

cara yang lebih efektif untuk memperbaiki baterai untuk obeng - penggantian barang-barang yang diidentifikasi sebagai rusak.

Untuk perbaikan kita perlu baterai - "donor", di mana beberapa elemen utuh, setiap baru "bank". Membelinya tidak mudah, bahkan di Internet Anda dapat dengan mudah menemukan selusin toko yang siap untuk mengirim barang-barang tersebut melalui surat. Harga tidak terlalu gigitan, seperti sel-sel nikel-kadmium dengan kapasitas 2000 biaya mA / h sekitar $ 100.

.yap-judul-block__text, .yap-title {
font-size: 17px penting ;!
}
# Yap-Ya_sync_2-vertikal .yap-title-block__text {
font-size: 17px penting ;!
}

Catatan. Dengan membeli item baru, pastikan bahwa kapasitas dan dimensi bertepatan dengan unsur-unsur asli.

Jadi kita perlu solder, malokoroziyny fluks (sebaiknya alkohol pada fluks rosin), dan timah. Tentang spot welding tidak mengatakan, seperti untuk perbaikan baterai tunggal hampir tidak ada kebutuhan baginya untuk memperoleh atau mengumpulkan ...

Dalam paling sulit untuk menggantikan apa tidak, terutama jika setidaknya beberapa - yang memiliki pengalaman di solder. Dalam foto semua secara rinci ditunjukkan, memotong item yang rusak, disegel tempat barunya.

Hal ini diperlukan untuk mencatat beberapa nuansa:

  • solder solder, solder, cobalah cepat, sehingga baterai tidak akan dipanaskan, karena risiko merusak itu;
  • jika koneksi mungkin diwujudkan dengan bantuan pelat keluarga, atau penggunaan ukuran yang sama terbuat dari tembaga, penting karena arus pengisian dan besar di bagian yang salah menghubungkan kabel mereka akan berjemur masing-masing akan memecat perlindungan thermistor;
  • dalam hal apapun, tidak mencampur baterai plus-minus - series, kemudian dikurangi bank sebelumnya pada ditambah bank baru, dan kurang baru - di ditambah berikutnya.

Setelah dilas bersama-sama unsur-unsur baru harus potensi pemerataan pada "bank", karena mereka berbeda. Kami melakukan biaya / siklus debit: biaya set semalam, memberikan satu hari untuk mendinginkan dan kami mengukur tegangan pada elemen. Jika kita melakukan semuanya dengan benar, gambar akan menjadi seperti ini: semua unsur tokoh multimeter yang sama, dalam 1.3v.

Selanjutnya, kita melanjutkan ke pembuangan baterai, masukkan baterai ke obeng dan memuatnya "penuh". rahmat utama pada dirinya sendiri obeng, jika tidak, anda harus memperbaikinya juga. Bawa ke muatan penuh. Prosedur ini diulang dua kali lebih banyak, yaitu, diisi dan sepenuhnya habis.

Perlu dicatat bahwa prosedur menghapus "efek memori" harus dilakukan setiap tiga bulan. Hal ini analog latihan di atas.

Ini bukan prosedur yang sangat rumit untuk memperpanjang kerja obeng Anda, setidaknya selama ia sendiri tidak harus mengubah ke yang baru